Scorpion 90 : Little “MBT”-nya Indonesia

Scorpion 90 miliki TNI-AD

Konon karena alasan kondisi geografis dan ini itu, Indonesia ditakdirkan tak sesuai memiliki jenis MBT (main battle tank) alias tank tempur utama dengan bobot tonase diatas 20 ton. Padahal negara tetangga, Malaysia yang punya kondisi geografis mirip dengan Indonesia punya MBT dari jenis PT-91 buatan Polandia. Jumlahnya memang ‘masih’ puluhan unit saja, tapi tetap intinya mereka punya MBT dengan kaliber kanon 125 mm.

Bagaimana dengan Indonesia? Tak usah kita berkecil hati, dengan segala keterbatasan, toh dalam perspektif lain, Angkatan Darat Indonesia juga punya “MBT”, tentu dalam artian tank tempur utama, bisa dikatakan jenis tank super jadoel AMX-13 yang berkanon 75 mm adalah tank utama Indonesia. Alasannya, tank buatan Perancis yang didatangkan pada era 60-an ini populasinya paling banyak beroperasi di lingkungan TNI-AD, yakni sampai 275 unit, walau sebagian sudah nongkrong sebagai pajangan di beberapa markas kesatuan TNI-AD.

Kubah Scorpion dilengkapi persikop

AMX-13 bolehlah terus beroperasi dengan program upgrade, tapi TNI-AD jelas butuh sosok “MBT” baru. Dan itu pun sudah dikabulkan oleh era pemerintah orde baru, dimana pada periode tahun 1995 – 1999 Indonesia kedatangan tank Scorpion 90 buatan pabrik Avlis. Ada identitas 90, dikarenakan tank ini mengadopsi kanon Cockerill MK3 M-A1 kaliber 90 mm. Menurut data riset dari ADF tahun 2008, disebutkan Indonesia memiliki 90 unit tank Scorpion.

Kanon Cockerill 90 mm yang digunakan pada Scorpion

Scorpion adalah tank ringan dengan bobot sekitar 8 ton. Jadi menurut analis, inilah tank yang cocok untuk kondisi geografis Indonesia. Bobotnya yang ringan, memudahkan mobilitas tank ini, rantainya pun tak merusak aspal jalan. Riwayat desain tank ini cukup panjang, mulai dirancang pada tahun 1967 dan mulai beroperasi untuk Angkatan Darat Inggris di tahun 1973. Dengan rancang bangun dan bobot yang ringan, dua unit Scorpion versi intai/Combat Vehicle Reconnaissance dapat dimasukan ke dalam sebuah pesawat angkut tipe C-130 Hercules.

Tampilan belakang Scorpion, tank ini dapat dibekali peralatan untuk berenang secara terbatas

Ada beberapa versi Scorpion, persenjataan yang paling berat memang kanon kaliber 90 mm, tapi Scorpion juga ditawarkan dalam versi kanon 76 mm dan SMB (senapan mesin berat) kaliber 12,7 mm. Versi kanon 76 mm pernah dilibatkan oleh Inggris dalam perang Malvinas dan perang Teluk pertama. Masing-masing versi pada kubahnya dibekali senapan mesin coaxial berkaliber 7,62 mm.

Khusus untuk versi 90 mm yang dimiliki TNI-AD dapat membawa 40 amunisi dari tipe HE, HEAT, HESH dan Smoke (dengan phosphorus). Scorpion dan Stormer sempat diterjunkan dalam operasi penumpasan GAM di NAD, tapi kemudian urung dilakukan karena ancaman embargo suku cadang oleh pemerintah Inggris. Populasi Scorpion dalam beberapa tipe saat ini mencapai 3000 unit di seluruh dunia, tergolong sebagai tank moden yang laris manis.

Scorpion 90 milik AD Venezuela

Saat ini Scorpion di Tanah Air memperkuat satuan Kavaleri Kostrad dalam Yon Kav 8 Divisi Infantri 2 Kostrad di Pasuruan, Jawa Timur. Dan Yon Kav 1 Divisi Infantri 1 Kostrad yang berada di Cijantung, Jakarta. (Haryo Adjie Nogo Seno)

Spesifikasi Scorpion 90

Pabrik : Alvis
Berat : 8 ton
Panjang : 5,2 meter
Tinggi : 2,2 meter
Kru : 3 orang
Kanon : Cockerill caliber 90 mm
Mesin : Cummins diesel BTA 5.9 liter 190 hp (140 kW)
Transmisi : David Brown TN15
Suspensi : Torsion-bar
Jarak tempuh : 756 Km
Kecepatan Max : 80 Km/jam

Iklan

50 responses to “Scorpion 90 : Little “MBT”-nya Indonesia

  1. alat tua masih di pakai.beli yang baru napa seperti t 72,t 80,atau t 90.jangan tank ringan aja di banggakan nanti kalau perang langsung ancur.biar lebih sangarkan om garuda pakai t 90 kan misalnya kalaupun ada kita kan negara korup mungkin 1000 tahun lagi kita beli tank itu

    Suka

  2. Scorpion tidak boleh dibilang MBT, karena role utama dia adalah untuk kendaraan pengintai, walaupun saat ini digunakan sebagai Kendaraan pemukul untama di jajaran kavalry kita.

    Hanya saja karena alam Indonesia tidak memungkinkan untuk menahan tekanan beban seberat MBT, maka TNI tidak mengoperasikan MBT sampai saat ini.

    Hanya saja, kabar terakhir kelihataannya TNI memang sedang merencanakan untuk membeli MBT kelas menengah, mungkin dari kelas T-80 atau PLA Type-90 atau sebangsanya.

    Mudah2an saja terlaksana dalam waktu dekat ini, hanya saja pertanyaannya, mau digelar dimana kendaraan seberat itu?

    Medan Sumatra kurang cocok, sementara Kalimantan sebagian besar tanah gambut yang tidak bisa menampung beban berat.

    Jawa? Infrastruktur jembtan dan lain2 di jawa kayaknya gak semua siap? apa terbatas hanya di JAkarta?

    Suka

    • Di Jakarta juga banyak tanah amblas..hehehe

      Suka

      • Penghitungan berat beban tdk seperti yg anda bilang.. “alam Indonesia tidak memungkinkan untuk menahan tekanan beban seberat MBT” hampir smua wilayah mampu menahan berat MBT? tekanan jejak MBT justru lebih ringan dibanding Truck Tronton / Kontainer.. dan satu lagi yang penting adalah bahwa MBT tidak tergantung pada jaring jalan.. kenapa kt gak beli MBT dari dulu sebab terpenting karena memang gak mau beli.. semua putus di bapak@ yang di Jakarta sana…

        Suka

      • terorisKAMPRET

        jemaah AMBLESIYAH detected 🙂 tau sejarah beli scorpion kgk gan? lha itukan IFV seharga MBT gara2x dimark up ama MBA’ TOETOET wakkkakakk…awalnya justru mo beli MBT LEOPARD loh

        Suka

    • Indonesia memang sedang membeli MBT mas, dari german Leopard 2 versi evolution dan biasa, tapi ditentang oleh sebagian pemuka negara karna kondisi alam indonesia mas, makanya indonesia lebih memilih scorpion karna ukurannya kecil tapi tangguh.

      Suka

  3. tank..sekarang gak aman lagi..yo! kan ada senjata anti tank bikin tenk sekuat apa ancur..yo!mending buat beli anti tank…enteng praktis..gesit irit ampuh yo..!

    Suka

  4. Hendra Gunawan, SS

    Kita harus membuat tank sendiri karena sudah punya pabrik baja, tinggal kita buat mesin tank, radar tank, gps, senjata anti tank, dan anti helikopter sendiri!. Musuh utama tank sekarang adalah bom cluster dan rudal anti tank yang ditembakkan atau dijatuhkan dari udara! nah perlu buat juga pesawat pemburu modern! Ingat kekalahan pasukan darat Marsekal Edwin Rommel (dari Nazi) melawan Jenderal Besar Eisenhower (dari sekutu) adalah karena kalah jumlah pesawat pemburu! he he. Merdeka Allahu Akbar!

    Suka

  5. mas konsep superioritas udara skrg sudah basi.bahkan teori douhet yg mengatakan bahwa dengan pemboman masif suatu negara akan menyerah sudah gugur saat perang dunia 2 dimana tidak ada negara yg menyerah walau sdh di bom habis2an.SAM skrg sudah bisa menggasak semua pesawat yg coba2 terbang di wilayah yg diawasinya.terbukti dlm perang vietnam dan perang arab-israel sebagian besar pesawat dijatuhkan dengan SAM.menang perang cuma bs diraih dengan pengerahan infanteri untuk merebut tempat terakhir yg masih diduduki musuh.nah untuk mengantarkan para infanterist ini dibutuhkan “kuda” yg bkn cm bs mengantarkan tp jg bs melindungi.kita memang lebih butuh tank ringan daripada MBT sesuai kondisi geografis kita.negara kepulauan spt indonesia lebih butuh mobilitas daripada armor dan daya tembak besar tapi lamban.semakin lamban tank semakin mudah untuk dihancurkan bahkan oleh granat tangan sekalipun (meskipun harus dilemparkan melalui lubang palka tank tsb).boleh dibilang TNI lebih cerdas drpd tentara diraja malingsia yg dengan tololnya beli MBT di medan gambut negaranya yg jangankan tank,truk saja amblas.kita punya tentara yg baik,hanya anggota hewan-nya saja yg idiot.makanya kalo mau lancar beli tanknya gilas saja hewan2 itu kyk di tiananmen!

    Suka

  6. Pengadaan MBT di Indonesia??? Tonase MBT antara 20 s/d 70 ton. Semua jalan aspal di Indonesia amblas dihenyak rantainya. jembatan2 rapuh utk dilewati MBT. Ruang gerak yg baik utk MBT adalah tempat terbuka kontur landai. di Pegunungan seperti di Priangan Mobilitas MBT tergannggu.tp MBT dapat bergerak leluasa di banyak tempat di Pantura P. Jawa. Jadi MBT tetap diperlukan utk subtitusi. Superioritas udara jg tidak jaminan jika jalur logistik nya terpotong, mana ada pesawat melesat tanpa bahan bakar. MBT seperti Tiger Tank dgn plat baja 80mm dan Canon 120mm nya saja sampai sekarang masih dapat meledakkan MBT modern dari jarak 1200m, dan MBT Altay dari Turki sdh cukup baik buat TNI-AD kalau mampu Ya Leopard II nya Germany atau Merkava nya Israeli. kalau abrams sebenarnya biasa-biasa aja seperti T-90. O.k Indonesia pelajari aja dulu tuh MBT NAZI mantap2 mulai dari PzKwI, II, III, IV, StugIII, StugIV, Tiger I, Tiger II, KonigsTiger, itu udah cukup. itu tetap MBT terbaik sepanjang masa yg pernah ada.
    Thanks

    Suka

  7. Mas-mas sekalian, sering-seringlah main ke formil Kaskus di threat debat MBT untuk memperluas wawasan…. menurut saya, sebagian besar pandangan anda tentang peran MBT di Indonesia tidak valid 🙂 Peace!

    Suka

  8. mas teran sy dah pernah masuk ke kaskus.debatnya gak mutu banget karena gak ada simpul yg jelas jadi ngelantur gak karuan.gak cerdas debat kusirnya.intinya mereka cm mo blg kita gak ada duit buat beli MBT bkn esensi bhw kita butuh tank yg bs di segala medan,banyak dan multi tugas.kita gak butuh MBT! kalo ada MBT musuh masuk wilayah kita cukup RPG/rudal AT.merkava aja kelojotan dihajar rudal AT,IED sm RPG.suruh MBT musuh masuk ke indo dan kita bebesin di desa2 indo yg penuh jurang sm lumpur.masak ente gak inget jenderal lumpurnya rusia yg bikin jarak tempur jerman melorot dr 100 km/hari jadi 5 km/hari! belajar dari sejarah bos jgn dari ocehan anak bau kencur yg mimpi jadi militer karena baru belajar main perang2an di PS! :p

    Suka

  9. DPRT PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL BANTEN MENDUKUNG PUSENKAV MEMPERKUAT ARSENALNYA DENGAN MBT.TANK T.80U,MBT.TANK.T.90 LEBIH MODEREN DARI RUSIA,KARNA PASTI TIDAK AKAN PERNAH DI-EMBARGO SEPERTI AMERIKA DAN SEKUTUNYA YANG HANYA BERLINDUNG DIBALIK HAK ASASI MANUSIA.INI KEDAULATAN TANAH AIR KITA TIDAK PERLU ASING IKUT CAMPUR URUSAN DALAM NEGERI KITA…JANGAN JADI PENGECUT KALAU NEGARA BANGSA KITA MAU UTUH.

    Suka

  10. lebih baik pak tentara beli RPG 6 ataupun BAZOOKA daripada MBT. buang2 duit paling nanti jadi barang rongsokan.

    Suka

  11. Saya rasa hanya orang bodoh yang menganggap MBT tidak dibutuhkan oleh Indonesia, jangan MBT itu lawan MBT jadi lihat sekitar negara mana disekitar Indonesia yang tidak memiliki MBT semua sudah punya, konyol kau RPG bisa menjebol RPG dibeberapa konflik iya tapi tidak selama nya RPG bisa mennghajar MBTjadi inti nya tidak bisa kita bilang untuk melawan MBT harus sediakan RPG konyol pemikiran kolot dan bodoh

    Suka

  12. Saran saya:
    -T-84(Ukraina)
    -Type 96/99(Cina)
    -T-90/80/72(Rusia/USSR)

    Suka

    • terorisKAMPRET

      kandidat utk MBT tidak hanya LEO2 ajah kok….masih ada yg laen yg bs dipertimbangkan sesuai duit yg dimiliki indo skarang….selain yg udah ente sebutin bisa juga T-64BM “bulat” ukraina,MBT-2000 tiongkok,AL-KHALID pakis,K1A1 kroya dan leclerc prancis…tp kalo jadi beli langsung grosiran jangan ketengan! kalo kata joseph stalin mah “…QUANTITY HAS A QUALITY ON ITS OWN…” yg penting jumlahnya lumayan dan teknologi yah kgk cemen2x amat

      Suka

  13. kulo nunut mas teroris kampret.beli bekas pun jadi asal jgn tua2 amat dan grosir biar murah n semua matra make.kita emang gak bs bikin divisi panzer karena indo kepulauan dan luas banget.tapi sebar merata di pulau2 besar spt sumatera,jawa,kalimantan,sulawesi dan papua yg medan manuvernya agak luas.kalo pulau sempit bergunung pake amx atau scorpion aja biar bs nanjak.pokoknya jgn biarin musuh benafas!

    Suka

    • RevolutionJustBegun

      mangkenye “JASMERAH”….coba liat palagan front timur PD2 dimana tank2x “canggih” panther dan tiger jerman kalah jumlah dr T-34,IS-2,IS-3,KV-1 soviet….lha gimana kgk kewalahan ancur 1 tank soviet nongol 10 biji lagi gimana kgk stres tanker2x jerman 🙂 tp jng lupa payung udara soviet juga lumayan ada IL-2 disitu dan satu lagi yg sangat penting LOGISTIK dan infantri mekanis!

      Suka

  14. bung,yg punya infanteri mekanis itu jerman,soviet cm punya infanteri biasa karena jeleknya kondisi jalan & buruknya taktik perang jenderal soviet.plg banter soviet cm punya kavaleri berkuda cossack.tp soviet punya sdm dan sda yg berlimpah jadi gak masalah banyak tentaranya,tank & pesawat yg hancur.ingat,cm T34 (yg merpkn desain AS sesuai perjanjian lend lease sebelum AS ikut perang) yg bs menandingi panzer jerman.sisanya adl. tank rongsokan smua karena soviet saat itu terbelakang soal teknologi.baru setelah merampas banyak teknologi jerman setelah PD II teknologi soviet maju pesat.jd soviet menang dr jerman karena large of quantity (disaping general winter) bukan karena teknologi.ini yg hrs di ingat oleh indo!

    Suka

  15. kata siapa RPG itu strategis buat gempur MBT ,hanya orang yng bodoh dn konyol,ngelawan tank apalagi MBT macam punya malingsia ko pake manusia bwa RPG ..!? aduhh ,gue jamin TNI kalah besar bos ! psti yng koment 2 yng kya gtu hnya bocah ingusan yang gak tahu strategi dsar militer angkatan darat ! . inget,pdoman tentara kita adalah mesin perang harus dilawan juga sama mesin perang ,bukan orang /ayw RPG apalah.. sdah jelas klo tank dilawan sma prajurit ,jelas prajurit yang kalah ,kecuali prjurit yang dibekali kmmpuan kusus macam sniper team ,

    Suka

  16. kalah,mungkin kisanak.tp kalo kalah besar gw pikir lo terlalu underestimated sm kemampuan individual infanteri (apalagi TNI,master perang gerilya sekaligus antigerilya).lo inget kan brencarrier belanda yg berantakan di ngelindes ranjau di kubangan kebo pedesaan pulau jawa? atau yg lebih aktual abrams yg lumpuh digangbang rpg irak atau di kenyot ied afghan?selalu ada kemungkinan tank kalah lawan infanteri.terutama lawan pasukan gak punya mental kyk malon atau singadapur!

    Suka

  17. agan2…
    ana kira kalau memang kita mampu beli alat perang canggih…ya beli lah..
    sekalian kapal induk
    tapi dari pada kita selalu bilang ini itu harus beli..
    dari th 1945 sampe skarang kita ga pernah perang2 kecuali pemberontakan kecil2…
    mendingan duit nya ama pemerintah di kumpulin aja dulu..nanti kita bikin pabriknya dan gw yakin 20th lg kita ga akan perang lawan negara kuat, kalo cm lawan malaysia dengan yng ada sekarang jg kita pasti menang.. dan ente2 yang masih sekolah.. belajar yang pinter otak lo pake biar nanti ente2 bikinin tank buat negara kita.
    yg paling penting untuk militer kita saat ini kalo terjadi perang adalah kerja sama antara masyarakat dan tentara nya kompak.
    dan untuk menghambat tank2 besar musuh yg mungkin bisa masuk ke indonesia khusus nya di pulau jawa ..gampang banget, jalan2 di kita sepit2 di kanan kiri jurang2 tinggal kita tutupin jalan2 dengan truk2 milik pabrik2 yg ada di sekitar jaln tsb..
    dan gw yakin, masyarakat kita..apalgi yg di desa2 mau sebesar apa pun alat perang yg musuh bawa, mereka ga bakal kabur atau takut..
    kalo mau skarang pemerintah bikin senapan aja yg banyak, dan klo memang terjadi perang dlm waktu dekat, kita2 ajak masuk wajib militer.. dan senapan2 itu bagikan ke rakyat yang mau bantu berperang…
    dan untuk ke depan nya yang paling penting kita harus punya bayak kalau bisa ribuan senjata2 tangkis serangan udara.. kalau bisa bikin sendiri..sebab serangan udara ga bisa di halau dengan taktik gerilya. atau pake tank.. bila perlu setiap puncak gunung yang ada di pulau jawa di buatkan pangkalan kecil buat menempatkan sejata2 anti pesawat .. yang jelas kalau menurut gw tank yg berukuran besar dan berat..percuma kita punya jg, sebab pasti akan lumpuh di desa2 apalagi pas nginjek tanah2 persawahan..atau di bukit2..

    Suka

  18. koreksi gan, otak anak bangsa dr sananya dah pinter.karno,hatta,syahrir,agus salim aja cm minum air tajin aja bs ngegoncangin dunia (bandingin dgn anak skrg yg kenceng minum susu formula buatan antek2 israel tp ttp aja dogol).sapa yg salah?oknum pemerintah terkait!knapa bgitu?krn kalo rakyat pinter fungsi parlemen jalan!kalo parlemen jalan oknumnya gak bs dapet suap!tp gw setuju sm konsep wamil lo.di negara manapun saat Tentaranya dah angkat tangan rakyat yg trs melawan (resistance).emang saat ini konsep defensif lebih masuk akal ketimbang ofensif yg butuh banyak alutsista.cari aja sekutu karena negara kecil macam israel bisa bertahan karena sekutunya ditakutin dunia,AS.

    Suka

  19. Bayangkan apa yang terjadi seandai suatu saat dimasa yang tak terlalu jauh kedepan. NKRI ricuh dengan tetangganya, apa yang terjadi seandai tetangga itu berhasil menempatkan MBT di Jakarta? apa jawaban kita? RPG? berarti sudah kalah sekian langkah.
    lain hal bila kita telah memiliki MBT, lawan akan berkikir untuk berinvasi. dalam banyak hal deterrence memang kita perlukan. semoga saja TNI berhasil mendatangkan MBT sekelas Leopard.

    Bila sebagian dari kita (DPR atau perorangan dalam TNI) ada yang tak setuju, lengkap dengan penjabarannya yang masuk akal. ya biarkan itu kan mekanisme demokrasi, tapi bagi yang tak setuju hendaknya menyadari: bila alutsista tak memiliki greget, tak memiliki “daya gentar” dan tak memiliki nilai tambah kepandaian, ya sebaiknya buat apa dibeli.
    seandai TNI menuruti saran DPR, lalu DPR mampu memberikan alternatip apa? haruskah prajurit TNI dilengkapi dengan tulup (blowpipe)?

    Suka

  20. bicara tulup (sumpit) emang dah jd senjata tradisional perorangan satuan AD di kalimantan seperti pisau kukri gurkha.soal deteren saya setuju.tp alangkah baiknya kalau deteren itu dialokasikan ketempat yg tepat.ingat jerman kan?siapa yg meragukan kuatnya heer (AD jerman) saat itu.tp lumpuh karena AL n AU nya lemah sehingga logistik terputus.percuma punya MBT kalau laut dan udara dikusai musuh! sama infantri aja gampang di sergap apalagi digangbang dgn rudal dan kanon dr udara.makanya jgn pikir tuh MBT di jakarta!hancurkan di laut saat dlm pengiriman!tentu saja ini perlu AL yg kuat.

    Suka

    • terorisKAMPRET

      setuju kamerad,JANGAN ADA LAGI PENGANAKEMASAN SATU ANGKATAN!!!! kek jaman ORBA,skarang dan masa depan semua angkatan/matra dibangun secara proporsional sesuai peran/fungsi masing2x…justru akibat kebijakan ORBA yg “meminggirkan” AURI dan ALRI jadi bumerang bagi ANAK EMAS ORBA itu sendiri yaitu ADRI…bagaimana tidak dengan dwi fungsi ABRI yg konon sebagai “penyeimbang” dan “manunggal” dng rakyat menjadi lahan bisnis para PANGTI…mereka lebih tertarik jabatan politis dan ekonomis semisal jadi bupati,walikota,gubernur,komisaris PT daripada jadi komandan brigade,divisi dan KODAM..DE-PROFESIONALISME TNI yg mengerikan!

      Suka

    • Nuwun sewu mas, Jerman saat PDII kekuatan udara laut dan daratnya tak diragukan. faktor yang lebih menentukan saat itu justru “kemampuan telik sandi” yang sering kebobolan. saat itu pula pertama kali inggris mengoperasikan (dalam eadaan experimen) radarnya. dan jangan dilupakan rasa Nasionalisme yang tinggi dari negara yang diduduki jerman itu. jerman bisa menduduki negara lain tapi tak mampu menguasai negara tsb.

      Suka

      • dinegara kepulauan spt indonesia ngeributin mbt, kalo jalur logistik terputus apa gunanya mbt yg sgede2 gaban gtu. ada yang tau gak seh kekalahan erwin rommel di afrika krn apa? dari pada beli mbt mendingan beli portable anti tank missile lbh praktis & lbh murah sudah seharusnya pindad & lapan mulai berkolaborasi utk membuat senjata murah tsb & mudah pengoperasiannya walau hanya dengan 1 atau 2 orang wamil sekalipun

        Suka

  21. salah besar mas! kode jerman gak pernah bocor kecuali saat mesin enigma jerman berhasil di rampas sekutu dr KS jerman yg lumpuh.itupun telah diantisipasi jerman dengan menggunakan komunikasi telepon kabel yg susah disadap dan kurir saat mreka tahu enigma bocor.mengenai intelijen sekutu gagal total.buktinya mreka tdk mengetahui kekuatan jerman di arnhem sehingga 8500 pasukan payung sekutu melayang nyawanya digilas SS jerman.jg sekutu seperti orang bodoh yg mengira kekuatan jerman lebih dari 3 divisi di roma sehingga mreka batal menyerang dgn pasukan payung.padahal saat itu di roma cm ada 2 batalyon jerman dan jika mereka menyerang perang akan berakhir tahun 1943.mengenai nasionalisme cuma perancis dan polandia yg memiliki resistance (perlawanan bawah tanah).sisanya malah menyediakan tentara untuk SS seperti belanda,perancis,norwegia,denmark,rusia dan balkan.mengenai radar inggris tidak lebih maju dari jerman karena setiap inggris menemukan sesuatu jerman jg cepat menemukan antinya.jerman kalah karena di kepung dr timur,barat dan selatan!dan juga karena logistiknya putus karena blokade laut dan serangan udara!

    Suka

    • Yang saya maksud dengan telik sandi bukanlah “kode jerman” tetapi manusianya (mata-mata), bagaimana rakyat kecil saat itu menjemur pakaian diluar rumah tapi ternyata kawat jemuran itu berfungsi sebagai antenna radio. disaat kedai minuman penuh dikunjungi serdadu Nazi, justru diatas kedai itu mereka mengirim berita.
      Untuk Norwegia saya sendiri pernah mendengar bagaimana gerakan bawah tanah mereka terpaksa meledakkan pabrik TNT (yang didirikan si Nobel)dengan tujuan agar pabrik dan TNT tak jatuh ketangan Jerman,
      Belanda? perlawanan mereka dengan cara membuat gerakan dibawah tanah (kebetulan kawan kerja saya dulu bapaknya merupakan salah satu aktifis) atau melarikan diri ke prancis, inggris dan canada kemudian mereka kembali besama pasukan sekutu. Inggris yang di italy mendamparkan perahu-2 kecil diisi dengan mayat untuk mengelabuhi mata-2 jerman di italy.
      Nasionalisme USSR? tentu tak bisa diragukan (tentara jerman itu lebih senang dikirim ke daerah barat dari pada ketimur, mngapa?).

      Suka

  22. jalan raya di indo hanya untuk beban 25 ton,jembatan juga seperti itu…tank aja sudah 62 ton,truk pengangkut tank seberat 20 ton,
    kalau malaysia tanknya cuma berbobot 45 ton, truk pengangkut 20 ton…= 65 ton..
    jalan raya dan jembatan di malaysia bisa menampung beban 70 ton..fikirkanlah.
    tank pasti berjalan di jembatan dan jalan raya untuk menuju medan perang.

    Suka

  23. untuk mas tatung.memang benar seperti itu tp itu terjadi di perancis dan polandia yg rakyatnya bahu membahu dgn resistance.peledakan di norwegia dilakukan oleh agen2 yg dikirim inggris jd bkn rakyat biasa (karena rakyat biasa sudah takut di bwh pemerintahan boneka vidkun quinsling) dan yg diledakan adl.pabrik produksi air berat nazi bkn pabrik nobel (krn nobel dr swiss,bkn norwegia).belanda jelas mata2nya gagal krn data yg disuplay salah shg operasi market garden gatot.italy?mana ada mata2 di itali krn pada dasarnya orang itali gampang bocor rahasia.operasi mincemite dengan menghanyutkan mayat dr kapal selam itu di spanyol bkn itali untuk menipu gestapo agar mengira operasi selanjutnya ke yunani bukan itali.tp jerman tidak tertipu.buktinya marsekal kesselring sudah siap dengan 2 divisi lapis bajanya di pantai gella itali menyambut invasi sekutu!sekali lg yg menguasai laut dia menang krn senjata berat cm bs dikirim lewat laut!

    Suka

    • Nafsu sejarah mas Wehrmacht tinggi, tapi nara sumbernya kurang lengkap. saya tak akan merubah pendapat saya diatas. trimakasih

      Suka

  24. kata sapa mas tatung?memang benar perlawanan ada dr rakyat biasa tp sebatas di perancis (maquis) dan polandia (secret state).di belanda mata2 sekutu jelas gagal total karena salah memberikan info yg akurat mengenai kekuatan jerman sehingga sekutu dibantai di arnhem.di itali tdk ada mata2 sekutu krn org itali banyak mulut n gampang bocor.operasi mincemite yg menghanyutkan mayat yg mengantongi surat perintah palsu bhw sekutu akan menyerang yunani bukan itali dr kapal selam ke pantai adl.di spanyol yg banyak agen gestapo,bkn itali.di norwegia yg meledakan fasilitas air berat jerman di vermork (bkn pabrik tnt nobel) adl.agen inggris kelahiran norwegia,bukan rakyat biasa norwegia.intinya kemenangan sekutu lebih pada banyaknya armada laut dan udara,bkn telik sandi!

    Suka

  25. sy yg salah mas tatung.sy seharusnya menghargai pendapat org lain.sy mohon maaf ya mas.salam…

    Suka

  26. koreksi sdkit gan, kalahnya erwin rommel di afrika krn jalur logistiknya terputus yg membuat suplai bahan bakarnya berkurang drastis sehingga pada pertempuran el alamein yg ke 2 hampir semua pansernya mogok kehabisan bbm sehingga menjadi sasaran empuk bagi artileri inggris dan juga matilda, bahkan saat korps afrika mundur ketunisia pasukannya sampai harus mencuri bahan bakar dari kilang2 minyak milik italia. yang dihancurkan oleh pesawat2 sekutu hanya sisa2 korps afrika dibawah pimpinan jend von arnim ( rommel di ganti krn sakit)

    Suka

    • terorisKAMPRET

      dan penyebab putusnya rantai logistik dari mediterania ke afrika utara disebabkan panjangnya supply chain logistik, kemandulan pasukan italia dalam menahan gerak maju pasukan sekutu plus tidak ada air cover yg memadai dari luftwaffe nya goering

      Suka

  27. yg hrs di garis bawahi di afrika tidak ada tank berat! rommel menggunakan pzkf II dan IV agar lebih mudah manuver di pasir.inggris menggunakan grant & stuart buatan AS yg lebih ringan dan handal ketimbang churchill dan mathilda (buatan inggris sendiri) yg berat & rewel.perang afrika lebih didominasi adu artileri yg seru karena tidak ada tempat sembunyi di padang pasir.yg jelas logistik jerman putus karena antara italia dan afrika ada malta yg jd benteng inggris untuk menghancurkan konvoi logistik.malta pernah dibom habis2an rommel tp tak tuntas karena luftwaffe dialihkan ke rusia.penggunaan jenis alutsista amat bergantung pada situasi dan kondisi bukan emosi.

    Suka

  28. SEBENARNYA TIDAK ADA SATU FAKTOR YG SCR INDIVIDU MEMBUAT JERMAN KALAH DI FRONT TIMUR MAUPUN DI AFRIKA
    TETAPI LEBIH KARENA GABUNGAN BEBERAPA FAKTOR YANG TEMAN2X SEBUTKAN DIATAS, WALAUPUN TIAP2X KASUS FAKTOR DOMINAN YG BERBEDA2X ADA TETAPI TETAP FAKTOR GABUNGAN LAH YG MEMBUAT KEKALAHAN2X TSB.

    MENGENAI KONTROVERSI PERLUKAH INDONESIA MEMILIKI MBT?

    PASTI TIAP JAWABAN BAIK PERLU/TIDAK MEMPUNYAI ALASAN2X YG DAPAT DIPERTANGGUNG JAWABKAN DAN TIAP2X PILIHAN MEMPUNYAI KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN MASING2X.

    SERAHKAN SAJA HAL INI PADA AHLINYA

    MEREKA YG MMG DIDIDIK SCR PROFESIONAL DLM MILITER.

    JGN CUMA DEBAT KUSIR DISINI.

    Suka

  29. sori boss….boleh dong kita ekspresiin pendapat kita karena pertahanan negara jg tanggung jawab kita semua.lagian ane dipotong pajak penghasilan tiap bulan berarti ane punya saham dong dlm mengurus negara ini,so ane berhak bersuara.soal ahlinya mungkin bapak2 tentara itu ahli semua.tp begitu sampe pengambil keputusan jd konyol hasilnya karena kepentingan orang 2x gila harta.masa minta obat sakit kepala di kasih obat kurap?mungkin saja ada agenda asing di dalamnya untuk bikin TNI kyk kura2.perkara benar pa nggak kan ini forum bebas gak ada pemaksaan.santai aja bos gak usah pake emosi…

    Suka

  30. wahhh komenknya pd begini semua, lha kl indo jd perang gimana ??? kynya lsg ko dlm satu hari. lha wong disini wargnya berantem mulu. boro2x perang adu mulut doank bisanya wkwkwkwkwkwkwk. INTINYA MO BELI SILAHKAN ASAL JGN DI MARK UP SM DIKORUPSI..

    Suka

  31. kl udah perang smua gdung, rmh, bngunan porak poranda, gk masalah aspal hancur ama MBT kan udh sibuk ngurusin perang.yg terpenting kita bngsa besar bnyk kpulauan dan jml rakyat jg besar.sang jendral sudirman aja dg satu paru2 aja bisa bikin penjajah kalang kabut!!!BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA RUNTUH

    Suka

  32. Tenang… Kita udah punya tank Leopard 2.. @_@

    Suka

    • pertanyaannya tuh LEO 2 udah bener2x dateng apa belon??? 😛 atau hanya masih MOU di atas kertas doang…..seeing is BELIEVING!

      Suka

  33. gini deh, mendingan punya dulu mbt, toh ngga akan selamanya negara kita tertinggal, tanah amblas, dll. gua optimis kita akan mengalami menjadi negara yang benar2 modern .~.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s