SEAL Carrier: Siluman Bawah Air Kopaska TNI AL

Illustrasjon 1202241212

Dikenal punya tugas khusus dalam pertempuran bawah air, menjadikan kelengkapan persenjataan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL terbilang special dibanding unit tempur TNI lainnya. Selain sista dan alat menyelam yang punya kualifikasi khusus, seperti Combat boat X38senjata APS dan alat selam close circuit, dalam menunjang misi senyap di bawah air, satuan elit ini juga punya wahana transportasi bawah air yang terbilang sangat khas.

Nah, bicara tentang wahana transportasi Kopaska, di artikel terhahulu telah kami kupas mengenai Sea Shadow buatan Anteon Corporation, Panama City Beach, Florida – AS. Dan, seiring tuntutan operasi yang kian meningkat, belum lama ini Kopaska telah dilengkapi sosok siluman bawah air anyar. Yang dimaksud adalah SEAL Carrier. Beda dengan wahana transport bawah air Kopaska sebelumnya, SEAL Carrier bisa dibilang paling sangar, desain alutsista buatan Defence Consulting Europe AB, Swedia menyerupai rancangan kapal selam mini dengan balutan warna hitam, lengkap dengan dua buah sirip pada bagian depan.

SEAL Carrier kodratnya adalah wahana khusus untuk misi infiltrasi melalui bawah permukaan dengan sasaran khusus berupa dermaga laut, kapal perang, dan misi anti pembajakan. SEAL Carrier dapat menyelam hingga kedalaman 40 meter dengan kecepatan 3 – 4 knots. Saat menyelam, SEAL Carrier mengandalkan dua propeller dengan tenaga baterai 25kWh. Jenis baterai pemasok tenaga mengadopsi jenis lithium polymer. Hebatnya, selain bisa melaju di bawah air, SEAL Carrier dapat melaju dengan kecepatan tinggi di perkumaan, ibarat speed boat, SEAL Carrie di atas permukaan air dapat melaju hingga 30 knots. Pada saat melaju di permukaan, sumber tenaga beralih ke dua unit mesin diesel Rolls Royce FF270 water jet yang menghasilkan tenaga 350HP.

SEALcarrier

SEALcarrier2

Secara umum, SEAL Carrier dapat beroperasi dalam tiga mode yang berbeda, yaitu di permukaan, setengah tenggelam, dan melaju di bawah permukaan air, seperti halnya kapal selam. Saat menyelam, kapal akan dibanjiri air dengan membuka katup di bagian bawah lambung. Sementara pada moda setengah tenggelam, wastafel kapal menjadi sebuah tempat setengah terendam air. Moda setengah tenggelam di definisikan sebagai titik ketika kapal masih memiliki udara dalam tangki ballast saat dibanjiri air.

SEAL Carrier dioperasikan oleh dua operator (pilot dan copilot) yang memahami tentang olah gerak kapal di bawah permukaan dan atas permukaan. Setiap operator dan penyelam tempur harus sudah siap dengan kelengkapan alat selam ketika menaiki SEAL Carrier, baik alat selam open dan close circuit yang tidak menimbulkan gelembung udara. Dari segi kapasitas angkut, siluman ini dapat membawa 6 personel pasukan katak yang siap tempur.

Seal-Carrier-16

seal carrier_3

SEAL Carrier pertama kali sosoknya terlihat saat defile HUT TNI ke-68 bulan Oktober silam. Dan, lima hari setelah HUT TNI, satuan Kopaska Armabar melaksanakan uji coba wahana ini. Kapal saat uji coba diawaki dua teknisi dari Swedia dan empat personel Kopaska. Di Asia, baru Indonesia yang memiliki SEAL Carrier, sementara di negara asalnya, SEAL Carrier ditempatkan di Resimen Marinir I di Berga Naval Base. Wahana dengan bobot 4,3 ton ini juga punya peran taktis dan strategis, semisal berguna dalam tugas patroli terbatas, dan misi pengintaian. Dengan laju 30 knot, kapal ini dapat bergerak hingga radius 277,80 km di permukaan, dan jejalah di bawah air menggunakan tenaga baterai hingga 18,52 km. (Gilang Perdana)

Spesifikasi SEAL Carrier

  • Panjang : 9,25 meter
  • Panjang Lambung : 8,45 meter
  • Beam : 2,21 meter
  • Tinggi : 1,65 meter
  • Kru dan Beban : 700 kg
  • Mesin : 2 unit mesin diesel Rolls Royce FF270 water jet
  • Bobot Max : 4,360 kg
  • Kecepatan permukaan : 30 knot
  • Kecepatan menyelam : 3 – 4 knot
  • Jangkauan jelajah di permukaan : 150 nautical mile (277,80 km)
  • Jangkauan jelajah di bawah air : 10 nautical mile (18,52 km)
  • Kedalaman maksimum : 40 meter
Iklan

10 responses to “SEAL Carrier: Siluman Bawah Air Kopaska TNI AL

  1. nampaknya tidak ada ruang kedap udara untuk awaknya, jadi ini model open submarine

    Suka

  2. Boleh di bilang ini KS mini..Saya rasa PT. PAL.sanggup bikin yg beginian. Beli aja yg banyak, trus minta TOT. Stlh ilmu di dapat produksi masal untuk kopaska & marinir. Sisanya kita export.

    Bravo TNI AL !!!
    jales viva jaya mahe

    Suka

  3. waduuh, klo kesenggol terpedo gimana Bung?

    Suka

  4. ITB seharusnya sudah bisa bikin.

    Suka

  5. Bagaimana khabar Crocodille jetfoil submarine Yg sdg dikembangkan oleh ITS 2 tahun lalu, apakah sdh sukses sea trial? Satu platform dgn 3 dimensi juga spt buaya, menyelam, mengapung dan lari spt jetfoil. Namun seingat saya pada konsep tsb dive max baru di 10 M saja, coba ahli2 ITS melihat kelebihan pada platform swedia ini u terus mengembangkan kelebihannya

    Suka

  6. harganya ?
    😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s