LCH Balikpapan Class: Identitas Indonesia di Kapal Perang Australia

1529663_-_main

Berita ini memang tak ada kaitan dengan alutsista TNI, tapi kami memandangnya sebagai sesuatu yang menarik. Lepas dari tensi diplomatik antara Indonesia dan Australia yang kerap pasang surut, nyatanya pemerintah Australia sejak lama memberi penghormatan tersendiri pada identitas ke Indonesiaan untuk penamaan armada kapal perangnya, khususnya pada jenis kapal LCH (Landing Craft Heavy).

LCH punya peran sebagai kapal angkut dengan daya muat cukup besar, mulai dari cargo, pasukan, ranpur sekelas tank ringan hingga MBT, dapat dihantarkan oleh LCH menuju bibir pantai pendaratan. Bila di lingkungan TNI AL, jenis kapal ini akan dimasukkan ke Satuan Kapal Amfibi (Satfib). Melihat dari fungsinya, LCH tak ubahnya LCU (Landing Craft Utility) yang diluncurkan dari LPD (Landing Platform Dock), hanya saja ukuran LCH jauh lebih besar, juga punya kemampuan jelajah yang lebih jauh.

Sedari awal, Australia memang memberi nama yang unik untuk armada LCH-nya. Armada LCH milik RAN (Royal Australian Navy) disebut Balikpapan Class LCH. Mengapa disebut Balikpapan Class? Tak lain karena HMAS Balikpapan L126 adalah kapal pertama di kelas ini, lainnya ada HMAS Labuan 128, HMAS Tarakan L129, HMAS Wewak L130, HMAS Betano L133 dan HMAS Brunei L127. Khusus untuk HMAS Balikpapan, HMAS Tarakan, dan HMAS Labuan, belum jelas benar apa latar belakang penamaan kapal perang Australia yang mengusung nama kota di Indonesia ini. Boleh jadi Australia punya kenangan tersendiri pada kota tersebut saat terlibat kancah Perang Dunia II.

HMAS Balikpapan

HMAS Balikpapan.

Proses offloading di HMAS Balikpapan

Proses offloading di HMAS Balikpapan.

Kesemua LCH Balikpapan Class ini dibuat oleh galangan Walkers Limited di Maryborough, Queensland, Australia. Penyerahan armada kapal ini dimulai pada rentang tahun 1971 – 1974. Dan, karena usianya yang sudah tua dan adanya perubahan strategi gelar kekuatan perang Australia, RAN pun kini telah memensiunkan seluruh LCH ini. Seperti dikutip dari Janes.com (20/11), tiga LCH Balikpapan Class resmi dipensiunkan dari kedinasan pada 20 November 2014 lewat upacara pelepasan di Cairns. Ketiga kapal tersebut adalah HMAS Brunei, HMAS Labuan, dan HMAS Tarakan. Tiga kapal lainnya, HMAS Wewak , HMAS Balikpapan dan HMAS Betano sudah lebih dahulu pensiun pada tahun 2012. Karena punya tugas untuk misi pendaratan amfibi, hampir semua kapal Balikpapan Class ikut terlibat dalam misi INTERFET di Timor Timur pada tahun 1999.

Setelah dipensiunkan, sebagai kapal ada yang di scrap, tapi sebagian lainnya seperti HMAS Labuan dan HMAS Balipapapan dihibahkan pemerintah Australia untuk militer Panua Nugini. Nah, soal hibah menghibah ini jadi mengingatkan tatkala TNI AL pernah menerima hibah armada kapal patroli Attack Class dari Australia pada tahun 70-an.

HMAS Tarakan saat mengikuti International Fleet Review tahun 2013.

HMAS Tarakan saat mengikuti International Fleet Review tahun 2013 di Sydney.

Sekilas Balikpapan Class LCH
Kapal besutan Negeri Kangguru ini punya bobot standar 364 ton dan bobot full 517 ton dengan dimensi 44,5 x 10,1 meter. Sebagai kapal angkut berat, Balikpapan Class mampu membawa muatan hingga 180 ton. Daya muatnya bisa membawa 3 unit MBT Leopard atau 13 unit tank APC M113. Bisa juga sekali berlayar membawa 23 truk ukuran 4 ton. Semisal ditugasi membawa pasukan, sekali angkut bisa dibawa 400 personel.

Setelah melalui proses repowering, kapal ini menggunakan mesin 2 × Caterpillar 3406E diesel engines sejak 2005. Balipapan Class mampu melaju pada kecepatan jelajah 10 knots. Sementara jarak jelajahnya bisa sampai 5.600 km. Navigasinya mengandalkan Racal Decca Bridgemaster I-band navigational radar. Bicara soal senjata, kapal dengan 16 awak ini hanya dibekali dua pucuk SMB (senapan mesin berat) M2HB kaliber 12,7 mm. (HANS)

Iklan

10 responses to “LCH Balikpapan Class: Identitas Indonesia di Kapal Perang Australia

  1. Koreksi judulnya om, itu bukan identitas tapi cuma nama kota, kalo identitas itu yg berkaitan dengan jati diri misalnya bendera negara, lagu kebangsaan. Diatur itu di uud , coba baca deh, mana mungkin aus mau pake identitas indonesia di kapal perangnya, wong kapal perang itu representasi dari wilayah kedaulatan suatu negara selain kedutaan besar , masa pake ID negara orang. Kalo pemilihan nama balikpapan itu karena aus ada sejarah terkait perang dunia 2, sewaktu membantu belanda mempertahankan wilayah kalimantan supaya tidak jatuh ke tangan jepang, termasuk tarakan.

    Suka

  2. mantab min….ehhh lpd kita itu kenapa ya pintu samping gak dibuat lebar/tinggi???….kalau lebar kan leopard juga masuk…..kayak lpd belanda

    Suka

  3. kita sudah bisa buat kapal lpd….apa gak bisa dimodif jadi fregat???kan murah tuh hull lpd kita???kayak fregat kelas iver….itu kan basicnya kapal komersial yg dijadikan kapal perang…makanya murah…..terus kita mampu buat kapal 50.000dwt….kenapa gak kapal itu dimodifikasi jadi lhd????kita perlu kapal raksasa ini meskipun cuma sebiji…cocok untuk pergelaran besar2an….atau bantuan bencana alam

    Suka

  4. memang sepertinya penamaan balikpapan adalah untuk mengenang sejarah PD2, dimana dikota2 tsb, seperti Balikpapan, Wewak, Betano, menjadi ajang pertempuran pasukan Australia melawan Pasukan Jepang. Balikpapan sendiri merupakan salah satu pertempuran besar, Perang Balikpapan, dalam Kampanye Borneo. Balikpapan merupakan sumber minyak belanda, shell, yg direbut jepang, dan akhirnya direbut kembali oleh sekutu tahun 1945.

    Suka

  5. lpd di jadikan feregat ?,hargai saja apa yang ada dulu,urusan fregat mungkin indonesia harus lebih bersabar 😀

    Suka

    • lha iya kan….lpd kita udah tonase sekitar 7000-8000….design aja dirubah…tapi tonase tetap…terus jadikan fregat…kayak fregat iver…itu murah karena sebenarnya kapal sipil yg dijadikan fregat….dengan besar sama dengan lpd,kita bisa tanam banyak senjata dan radar

      Suka

      • Kapal LPD kan sdh jadi, sudah operasional. kog dijadikan fregat sih? kalau mau buat fregat ya merancang sejak awal, kan kita mau buat PKR sigma 105/14, PT. PAL sdh dapat lisensinya dari belanda. gmn real warrior sdh jelas, sdh paham?

        Suka

  6. Garuda Indonesia Balikpapan

    Woww.. Trnyata ada juga LCH klas Balikpapan…sperti nma tmpat tinggalku, uniknya kpl ini bkn milik Tni,tp australia punya…Sipp!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s