Beriev Be-200 Altair: Pesawat Amfibi Multipurpose Incaran TNI AU

194192

Terkait tugasnya di wilayah lautan, bila selama ini TNI AU baru sebatas melakukan peran intai maritim tanpa dapat melakukan penindakan, maka terkait tren pemberantasan illegal fishing yang sedang dicanangkan pemerintah, TNI AU pun ingin mengambil peran yang lebih strategis. Salah satu wujudnya dengan keinginan dari pihak TNI AU untuk bisa mengoperasikan pesawat amfibi multipurpose buatan Rusia, Beriev Be-200 Altair. Pesawat ini dapat langsung mendarat di laut dan kemudian menerjunkan pasukan untuk melakukan inspeksi ke kapal-kapal yang mencurigakan.

Keinginan mendatangkan pesawat berkemampuan amfibi di dorong atas inisiatif Presiden Joko Widodo untuk memperkuat eksistensi pesawat patroli maritime TNI AU. Ibarat menyambut umpan, KSAU Marsekal IB Putu Dunia menyarankan pesawat yang ideal untuk digunakan adalah jenis Be-200 Altair. Be-200 terbilang sudah battle proven untuk tugas amfibi, pesawat ini pun pernah disewa Indonesia dalam misi pemadaman kebakaran hutan pada tahun 2006. Sebagai pemadam kebakaran, Be-200 dapat membawa 12.000 liter air yang berperan sebagai ‘bom air.’ 12.000 liter air dapat dilepaskan dalam durasi 14 detik.

MChS_Beriev_Be-200_waterbomberBeriev_Be-200_svg.svg2vxq4d2

Sejatinya, pesawat yang resmi diperkenalkan ke publik pada Paris Air Show 1991, dihadirkan dalam beberapa varian. Bila nantinya TNI AU jadi mengakuisisi Be-200, maka besar kemungkinan yang dibeli adalah versi Be-220 Maritime Patrol. Pesawat yang beroperasi secara fly by wire ini memang jago untuk lepas landas di air. Be-200 dapat lepas landas di air dengan jarak ‘pacu’ 2.300 meter. Kedalaman air untuk mendarat dan lepas landas hanya 2,5 meter. Sementara gelombang laut pun tidak jadi masalah, sepanjang tinggi gelombang tidak lebih dari 1,3 meter. Sebaliknya untuk lepas landas di daratan, dibutuhkan landas pacu sepanjang 1.800 meter.

Dengan kemampuan multipurpose, selain laris disewa sebagai pemadam kebakaran di hutan, Be-200 juga amat ideal mendukung operasi SAR pesawat bisa membawa 42 penumpang. Sedangkan bila berlaku sebagai ambulance udara, pesawat dapat dimuati 30 tandu pasien. Lepas dari itu, pesawat amfibi bermesin jet 2 × Progress D-436TP turbofan, dapat membawa 72 penumpang.

BE-200-Microcutawayberiev be-200.2Be-200_RA-21511IMG_10784542-beriev-be-200-wallpaper-2000x1333

Dari sembilan unit yang telah di produksi, memang belum ada yang diluncurkan dalam varian maritime patrol. Namun Irkut selaku manufaktur pesawat, telah merancang Be-200 dapat mendukung misi AKS (anti kapal selam). Beberapa sensor yang dibenamkan di Be-200 mencakup optic dan thermal, plus radar sea surveillance. Jika Indonesia kelak mengoperasikan varian Be-200, maka Indonesia bakal menjadi pemakai ketiga setelah Rusia dan Azerbaijan.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, adalah keharusan untuk mempunyai pesawat patroli berkemampuan amfibi. Untuk tugas mengawal bentang perbatasan yang sangat luas, tak salah kiranya agar segera di datangkan jenis pesawat ini. Hadirnya Be-200 kelak dapat membangkitkan kejayaan armada patroli maritim TNI, yang di masa lalu pernah mengoperasikan pesawat patroli amfibi PBY-5A Catalina dan Grumman Albatros di bawah operasi Skadron 5 TNI AU. Inovasi lain yang tak kalah menarik adalah kapal laut dengan kemampuan terbang WiSE (Wings In Surface Effect) yang sudah di uji cobakan. Tapi sayang, nampak pengambil kebijakan di Republik ini belum begitu tertarik pada terobosan teknologi ini. (Haryo Adjie)

Spesifikasi Beriev Be-200

  • Crew : 2
  • Length : 32 m
  • Wingspan : 32,8 m
  • Height : 8,9 m
  • Empty weight : 27.600 kg
  • Max Capacity (Water or Retardant): 12,000 liter
  • Max Capacity (Cargo): 7.500 kg
  • Powerplant : 2 × Progress D-436TP turbofans
  • Maximum speed: 700 km/h
  • Cruise speed : 560 km/h
  • Landing speed : 200 km/h
  • Takeoff speed : 220 km/h
  • Range : 2.100 km
  • Ferry range : 3,300 km
  • Ketinggian terbang : 8.000 m
Iklan

8 responses to “Beriev Be-200 Altair: Pesawat Amfibi Multipurpose Incaran TNI AU

  1. Fauzan Rahman

    Wait, min. dalam misi AKS ,BE-200 ini bisa mendeteksi kapal selam juga?

    Suka

  2. ahhh rugi pesawat ini….gimana mau nindak ilegal fishing???laut kita ombak tinggi2….diatas 3meter…..mau operasi sar????kalau sar di danau oke lah…kalau sar di laut kita nyungsep kena ombak tinggi….pesawat ini hanya mampu di laut ombak tenang

    Suka

  3. Ya smoga penambahan alutsista lebih efektif ke depannya.
    Tapi meski ombak diatas 3 meter kan bisa mendarakatkan pasukan dengan terbang rendah, dibanding pesawat lain, betul ga Admin.

    http://www.indoniaga.co.id

    Suka

  4. Yang penting beli dulu, daripada gak punya,
    mau mendarat dimana kek, itu urusan KSAU, beliau lebih pintar strateginya..

    Suka

  5. Pesawat Amfibi Be-200

    Dari penampilan, pesawat ini terlihat seperti pesawat biasa, tapi pesawat ini benar-benar kapal amfibi yang sesungguhnya. Be-200 dapat dengan mudah melakukan lepas landas dari atas permukaan air, seperti halnya di lapangan udara dengan jalur beraspalnya. Bagian bawah badan pesawat dibuat seperti lambung kapal laut, sementara mesin penggeraknya diletakkan di bagian atas sayap pesawat agar tidak tersentuh oleh air.

    Pada zaman Soviet, pesawat amfibi ini dibuat sebagai pesawat penerjun sekaligus penyelamatan bagi Angkatan Laut Rusia. Saat ini, Be-200 kembali dikategorikan sebagai pesawat pemadam kebakaran. Be-200 dapat terbang rendah sambil setengah menenggelamkan diri di air untuk menampung 12 ton air dalam waktu beberapa menit. Ia kemudian bisa kembali terbang ke udara menuju titik kebakaran dan menumpahkan seluruh tampungan air tersebut untuk memadamkan api

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s