Ini Dia! Program Upgrade dan Pengadaan Alutsista TNI AU di 2015

mrtt1

Memasuki tahun 2015 TNI AU sudah menyiapkan beragam program terkait alutsista, diantaranya perpanjangan usia struktur ”Falcon Star” dan peningkatan kemampuan avionik ”Mid-Life Upgrade” untuk armada pesawat F16 A/B Block 15 Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi. Perencanaan juga untuk akan memperbarui peralatan kamera dan radar surveillance untuk pesawat B-737 MPA (Patroli Intai Maritim).

Selanjutnya pada Tahun Anggaran 2015-2019 TNI AU akan mengajukan pengadaan pesawat Tanker kelas MRTT (Multirole Tanker Transport), pesawat Airborne Early Warning & Control (radar terbang), dan pesawat Pengintai Maritim Strategis. Selain itu terdapat pula rencana pengadaan 1 unit radar rudal MLAAD (Medium and Low Altitude Air Defense), pengadaan 2 unit Radar Weibel serta saat ini sedang melakukan proses refurbisment dan pengadaan rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder baru, serta berbagai pengadaan alutsista modern lainnya. Demikian disampaikan KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia di hadapan para perwira pada saat acara Exit Briefing sebelum mengakhiri tugasnya sebagai KSAU di Mabesau Cilangkap, Kamis (8/1).

Be-200, pesawat amfibi yang dilirik TNI AU.

Be-200, pesawat amfibi yang dilirik TNI AU.

Dikutip dari Dispenau (8/1/2015), KSAU juga menyampaikan beberapa pencapain sasaran yang telah dicapai, diantaranya peningkatan tiga lanud tipe B menjadi Tipe A, delapan lanud tipe D menjadi lanud tipe C, sehingga pangkalan TNI AU saat ini terdiri dari sembilan tipe A, 13 tipe B, dan 29 tipe C. Pembentukan Skadron 16 sehingga kekuatan skadron udara saat ini adalah delapan skadron tempur, lima skadron angkut, tiga skadron helkopter, dua skadron VIP/VVIP, dua skadron latih dan satu skadron PTTA.

Selain itu pencapain sasaran yang lain adalah perkembangan tentang pembentukan kogabwilhan, dimana didalamnya termasuk validasi organisasi kohanudnas dan pembentukan Koopsau III dan pembentukan Sterau dan Disopslatau. Dalam bidang logistik perlu ditindaklanjuti persetujuan Presiden RI terhadap usulan pengadaan pesawat pengganti jet tempur F-5 E/F Tiger II, pesawat intai Amfibi, dan peningkatan kemampuan pesawat B-737 MPA dengan penambahan radar dan kamera Surveillance.

Boeing P-8A-Poseidon, menjadi pesawat yang digadang sebagai pengganti Boeing 737 Survelillance di Skadron 5 Patmar.

Boeing P-8A-Poseidon, menjadi pesawat yang digadang sebagai pengganti Boeing 737 Survelillance di Skadron 5 Patmar.

Selanjutnya di Bidang operasi perlu dilanjutkan kajian dan evaluasi terhadap penggunaan alutsista blok timur dlam rangka efektivitas dan efisiensi anggaran, serta langkah-langkah lanjutan dalam pengoperasian radar selama 24 jam sesuai taktik dan strategi pertahanan udara. Untuk bidang sistem dan metode perlu dilanjutkan penjabaran doktrin Swa Bhuwana Paksa sebagai pedoman dalam implementasi tugas di seluruh jajaran organisasi, serta meningkatkan upaya peran TNI AU dalam kedirgantaraan nasional khususnya dalam pengambil alihan FIR (Flight Information Region) Singapura. Terakhir di bidang anggaran diharapkan pengelolanya senantiasa mengedepankan asas prioritas dan kehati-hatian, dimana rencana peningkatan remunerasi hendaknya disikapi oleh seluruh personel TNI AU secara bijaksanan agar tidak timbul dampak yang tidak diharapkan.

Iklan

20 responses to “Ini Dia! Program Upgrade dan Pengadaan Alutsista TNI AU di 2015

  1. Tanda2 Be_200 bakal mangkal dimari neh. Berarti kmrn tuh pesawat kemari cuma pamer PERKASA doang….

    Maaf Wong Ndeso…

    Suka

  2. gak tau ya…pemerintah sekarang perasaan lebih gaptek dari pada jaman sby soal pertahanan….kok adem ayem aja…padahal proses alutsista kan panjang birokrasinya…kenapa gak mulai2…..belanja utama sih jet fighter/heavy fregat/kapal selam tambahan/rudal pertahanan udara jarak sedang atau jauh….fokus itu….kalau poisedon ane jamin itu cuma ngimpi aja…ha ha mahal banget itu pesawat

    Suka

  3. jadi rindu mbah purnomo+pak safrie

    Suka

  4. tau nich pemerintahan yg skrng, kayanya ga ada semangat2nya buat merubah atau memodernisasi alutsista buat tni..apa karna msh aman negeri ini sehingga nyantai2 aja ..

    Suka

  5. Apa²an ini?????
    bener bung real warrior knapa gak beli heavy fighter/frigat.
    tambah skadron tp kok gak diimbangi pesawatnya

    Suka

  6. soalnya ma mbah beye udah diteken kontrak, yang sekarang tinggal menerima dan melengkapi

    Suka

  7. mengkaji dan mngevaluasi alutsista blok timur???mau di hentikan??? Apa gk inget ya negara ini pernah di embargo sama penggunaan alutsista barat?? Hanya keledai yg jatuh dlm lubang yg sama

    Suka

  8. dodi van halen

    P8 poseidon..ohhh muantapp deh

    Suka

  9. tapi yaa jgn lupa itu tambah banyakin jet siluman. *harapan*

    Suka

  10. Era Jokowi di level penggantia pejabat saja sudah bikin pusing para penggiat perpolitikan disebabkan pilihan pilihannya dianggap kurang tepat, kini calon kapolri yg diusulkan JOKOWI jg menuai kritik, nah sebentar lagi keputusan penggantian alutsita yg sdh direncanakan pemerintahan sebelumnya belom tentu juga akan dilanjutkan, bisa saja berbalik arah kalo tdk melihat sejarah masa lalu yg kelam saat mana embargo senjata melanda kekuatan armada 3 matra tempur. semoga saja pemegang kekuasaan saat ini mau belajar sejarah itu. kerbau saja jika terperosok di suatu lubang tdk akan lg terperosok di lubang yang sama, masa hal itu tdk akan menjadi pertimbangan. Keseimbangan alutsita barat timur 50-50 merupakan hal yg rasional untuk mengantisipasi jika kelak ada sekumpulan negara barat atau timur yg melakukan embargo persenjataan. sambil kita berharap pada pindad untuk kekuatan darat, PT.PAL untuk kekuatan laut dan PT. DI untuk kekuatan udara. oleh krn itu siapapun yang menawarkan sistem persenjataan wajib ada ToT nya , kalo tidak tolak saja. dan jangan mau juga ToT untuk teknologi yang sdh usang.

    Suka

  11. Nanggung nih penambahan alutsistanya..

    Suka

  12. Yakk!!. Kalo dalam 5 taun kedepan MEF jilid 2 isinya kagak ada Sukro 35 dan pempek Kilo. Siap2 coblos SBY lagi

    Suka

  13. you should taking into account the possibility of S-3 Viking Admin, cause right now i am working to bring the possibilities more higher than ever

    Suka

  14. suhedi sopian

    ane sih ngarep pemerintah yang sekarang lebih uptodate soal alutsista soalnya alutsista itu kaya di ibaratin antibodi negara kita kalo antibodyna kurang pasti gampang diserang @harapan

    Suka

  15. Broo ! kita punya jenderal yang masih mau mikirin ini NKRI, dan mereka nggak mau dijadikan keledai oleh barat, jadi tunggu tanggal mainnya ! mereka akan tampil dan berteriak “NKRI AKAN MANDIRI DALAM ALUTSISTA”

    Suka

  16. KAPAN MAS BRO TANGGAL MAINNYA ENTAR TANGGALANNYA UDAH HABIS MAINNYA ENGGAK JADI

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s