Destroyer USS Sampson: Kapal Perang Terbesar dalam Misi Evakuasi Air Asia QZ8501

??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Walau dalam film Battleship (2012), USS Sampson luluh lantak oleh serangan alien, namun dalam pencarian korban kecelakaan kapal terbang Air Asia, kapal perang destroyer berbobot 9.200 ton ini mendapat sorotan berkat kesuksesannya dalam misi pencarian ini. Banyaknya jumlah korban yang berhasil di evakuasi USS Sampson dinilai karena ukuran kapal itu cukup besar, bahkan jadi kapal perang bertonase terbesar dalam misi pencarian di Selat Karimata. Dengan tonase yang jumbo, wajar bila Sampson lebih bisa menahan gelombang yang tingginya mencapai 3-5 meter di lokasi pencarian Air Asia QZ8501.

USS Sampson yang berbasis di San Diego, California, per tanggal 5 Januari 2015 telah menemukan 21 jenazah korban pesawat naas itu. Hingga berita ini diturunkan, total 30 jenazah berhasil ditemukan oleh tim gabungan. Dalam proses pencarian korban AirAsia, selain Amerika yang mengerahkan kapal perangnya, ada Korea Selatan, Malaysia, Jepang, hingga Australia.

USS Sampson (DDG-102) adalah kapal destroyer kelas Arleigh Burke. Kapal buatan galangan Bath Iron Works ini diluncurkan pada tahun 2006 dan merupakan kapal Angkatan Laut AS keempat yang dinamakan untuk menghormati Laksamana William T. Sampson, pahlawan dalam perang Amerika Serikat-Spanyol.

Seahawk SH60 di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun.

Seahawk SH60 di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun.

Rudal anti serangan udara jarak menengah RIM-66 SM-2

Rudal anti serangan udara jarak menengah RIM-66 SM-2

rudal anti kapal selam RUM-139 VL-Asroc

rudal anti kapal selam RUM-139 VL-Asroc

Jika ditilik dari persenjataannya, USS Sampson tergolong warship papan atas. Pasalnya destroyer ini dilengkapi dengan sistem senjata strategis, diantaranya dilengkapi rudal jelajah BGM-109 Tomahawk. Ada lagi adopsi teknologi Aegis yang mengintegrasikan sensor kapal dan sistem senjata untuk menghadapi ancaman dari rudal anti kapal. USS Sampson dipersenjatai peluncur rudal VLS (vertical launch system) Mk 41, dan rudal anti serangan udara jarak menengah RIM-66 SM-2. Guna menghadapi kapal selam, tersedia rudal anti kapal selam RUM-139 VL-Asroc dan tabung triple torpedo MK46. Canggihnya lagi, Si Samspon dibekali dengan kanon reaksi cepat CIWS (Close In Weapon System) Phalanx kaliber 20 mm. Sementara, senjata ringan konvensional tetap ada di anjungan, seperti 2 pucuk kanon kaliber 25 mm dan 4 pucuk SMB (senapan mesin berat) 12,7 mm.

Sistem sonar USS Sampson bahkan sangat beragam, mulai dari sonar aktif, hingga side scan sonar yang ditarik di belakang kapal dan sudah berteknologi 3D. Kapal berukuran panjang 155 meter dan lebar 20 meter ini juga membawa 2 helikopter jenis SH60 Seahawk. Helikopter ini membawa jenazah dari atas kapal ke Lanud Iskandar di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Selain spesifikasi kapalnya yang mumpuni, adanya SH60 Seahawk juga menjadi poin keunggulan tersendiri bagi Sampson dalam melakukan misi SAR dan evakuasi di Selat Karimata. (Deni Adi)

19 responses to “Destroyer USS Sampson: Kapal Perang Terbesar dalam Misi Evakuasi Air Asia QZ8501

  1. emang ini kapal gede banget, KRI Banda Aceh yang LPD aja bobot tonasenya cuma 8.400 ton.

    Suka

  2. Leo Marthin Siagian

    Makassar Class LPD (KRI Banda Aceh) bukannya punya Berat Penuh 11,394 tons??

    Suka

  3. Sepertinya TNI AL sudah layak punya kapal di atas 10rb tonase..apalagi banyak bencana di laut yg kondisinya ganas…..

    Suka

  4. inilah real kapal perang….dengan sejuta kecanggihan sensor electronic dan senjatanya….kalau indo punya pasti maknyus….ini baru real fregat…bukan”fregat”abal2 kayak punya kita

    Suka

    • Ini bukannya destroyer mas?

      Suka

      • real warrior

        de zeven pruvicien yg fitur kayak destroyer….disana masih rendah hati tuh dengan bilang cuma”fregat”

        Suka

    • Destroyer cuy…mana ada frigat dengan bobot 9.400 ton…malahan dgn bobot segini sdh layak di sebut light cruiser…lagian ini bkn kapal terhebat…masih ada Kirov yg bs membuat nih kapal kayak ayam sayur…

      Suka

  5. ada kabar gembira sebenarnya…..turunan sigma class itu sebenarnya ada yg varian 150 meter dengan lebar 15 meter….ini bisa diisi peralatan electronik dan radar canggih….harusnya tni manfaatkan kemampuan modular sigma ini….tapi ane super yakin gak akan deh kapal ini masuk sini…ujung2nya”duite sopo????”

    Suka

  6. Admin…kayaknya rule di Indomiliter adalah bahas Alutsista yg sdh dimiliki Indonesia…minimal sdh teken kontrak…kok ini bahas kapal mbahnya teroris internasional sih? Mereka ini selain misi bantuan Air Asia pasti sibuk memetakan bawah air kita untuk kepentingan mereka dan sekutunya dimasa depan…tetap pada jalur dong min…4 tahun sy ikuti blog ini kok akhir akhir ini kekuar pakem yg sdh digariskan yg punya warung?

    Suka

    • Enggak keluar pakem kok mas 🙂 Ini kan sekedar oase tentang secuil “cerita” dari lakon yang lagi pentas di wilayah perairan Indonesia. Kalo soal memetakan bawah air, tanpa ijin dan ikut aksi sosial seperti saat ini, kami yakin AS sudah bisa.

      Suka

    • Bung werh kok jarang nongol di warungnya bung diego ?

      Suka

  7. waw,,,keren” juga ya kapal” perangnya…

    Suka

  8. wah,! keren banget,,! nampak lebih semangat jadi warga indinesia kalo tegok yang kek gini,,

    Suka

  9. lagi kapal perang usa uss fort wort….dapat deteksi sinyal logam….sonarnya sensitif banget…kapal kita masih bingung cari titik sana sini….beli dong sistem sonar amerika

    Suka

  10. panglima tni minta izin beli kapal sejenis arleigh burke+sea hawk+viper…..wakakaka ngiler juga panglima….ayoooo beli buruan…jangan php in rakyat melulu…lihat dunia luar…seperti apa sih real fregat/destroyer….jangan alay kayak disini yach

    Suka

    • Pengen tau apa lebihnya DZP sampe ente bikang Destroyer…coba ente jelasin disini biar kami yg alay alay ini ngerti… 🙂

      Suka

  11. amrik tuh pasti ada maunya kayak gini,..
    niatnya bantu evakuasi tapi sambil nengok² bawah air kita

    Suka

  12. manteb sekali om admin….
    ini kapal yg di film favorit saya “Battle ship”….
    memang bener2 kapal yg serba wah,,,,
    ini kalo lawan KRI SIGMA pasti ibarat cicak lawan buaya….

    Suka

  13. setuju bung wehrmacht (y)

    Suka

Tinggalkan komentar